5 Manfaat Penting Outbound Team Building, Outbound Training Yogyakarta

Dewasa ini, persaingan di dunia kerja semakin ketat. Baik persaingan kompetensi atau keahlian masing-masing individu maupun persaingan produk atau sebuah brand. Merespon fenomena tersebut, penting bagi sebuah Instansi atau Company untuk terus meningkatkan mutu produk dan SDM-nya. Berfokus pada peningkatan mutu SDM, ini menjadi penting untuk menumbuhkan semangat berinovasi demi terciptanya produk unggulan dan target perusahaan.

Capacity Building Jogja
Capacity Building Jogja
Banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan mutu SDM-nya, salah satunya dengan kegiatan Outbound Team Building. Baik kegiatan Formal maupun Non-Formal, Outbound Team Building merupakan salah satu stimulan yang efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan. Outbound/Outward Bound/Out of Bounderise atau yang lazim disebut dengan istilah Capacity Building, Company Outing, Team Building, Motivation Training mempunyai beberapa manfaat hebat. Tahukah Anda?

1. Personal Developments
Kualitas individu bukan hanya mengenai persoalan skill ataupun kemampuan kognitif. Namun juga bagaimana ia mampu berdinamika dengan tim. Karena kualitas individu menentukan keberhasilan sebuah tim. Dalam kegiatan Outbound Training di Jogja terdapat tantangan individu atau Personal Challenge yang bertujuan untuk mematahkan batasan yang selama ini diciptakan sendiri, dengan demikian ia menjadi pribadi yang lebih terbuka dan percaya diri.

2. Meningkatkan Kerjasama Team
Hampir semua tantangan dalam Outbound Training & Team Building dilakukan secara berkelompok. Artinya kekompakan dan kerjasama team sangat dituntut untuk mencapai keberhasilan team. Tentu saja outputnya apabila diaplikasikan akan membawa budaya perusahaan yang baik.

3. Melatih Sikap Kepemimpinan
Tidak dapat dipungkiri bahwa pimpinan dalam sebuah organisasi menentukan bagaimana jalannya organisasi itu sendiri. Pemimpin yang baik tentu akan selalu berinovasi dan mampu menuntun team-nya untuk bekerja bersama. Team Building adalah salah satu media stimulan untuk memunculkan figur-figur pemimpin dalam perusahaan.

4. Cepat dan Tanggap Mengatasi Masalah
Dalam dunia pekerjaan, masalah bisa datang kapan saja dan dalam situasi apa saja. Pola seperti itulah yang diterapkan dalam Outbound Team Building yang bertujuan melatih kemampuan Problem Solving. Impact positifnya sangat bagus untuk sebuah organisasi yang menuntut penyelesaian masalah secara cepat dan tepat.

5. Media Refreshing dan Silaturahmi
Profesionalitas dalam pekerjaan itu penting, namun lingkungan kerja yang hangat dan harmonis juga tak kalah penting supaya individu dapat melaksanakan pekerjaannya dengan ikhlas dan bahagia. Dengan kegiatan Outbound yang notabene kegiatan refreshing, kita bisa lebih saling mengenal rekan kerja antar divisi atau antar bagian, selain itu kedekatan antara atasan dan bawahan bisa terjalin sehingga menghilangkan gap yang selama ini terjadi.

Konklusi dari kegiatan Outbound yang dilaksanakan merupakan cerminan pekerjaan di kantor nantinya. Harapannya, value positif yang telah terbangun mampu diaplikasikan dengan baik oleh masing-masing individu sehingga tujuan utama perusahaan bisa tercapai secara maksimal.